Notification

×

Iklan

Iklan

Keren! Sepeda Buatan Kendal Ini Ternyata Banyak Diminati Oleh Korea Hingga India

14 Oktober 2021 Last Updated 2021-12-22T04:59:09Z
Keren! Sepeda Buatan Kendal Ini Ternyata Banyak Diminati Oleh Korea Hingga India
Sepeda Element (Foto: Ist)

KENDAL, LKT News - Sepeda buatan Kendal Indonesia ternyata cukup banyak diminati oleh negara-negara Asia hingga Asia Tenggara. Hal ini ditandai dengan pelepasan ekspor ke-50 sepeda oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada Rabu (13/10/2021).

Sepeda buatan pabrik PT Roda Maju Bahagia di Kendal itu mencatat kinerja positif hingga ke mancanegara.

"Saya sangat menghargai, mengapresiasi PT Roda Maju Bahagia, yang sampai hari ini melakukan ekspor sepeda brand Element dari negara kita, Indonesia," ujar Menperin.

Hadir secara virtual, Menperin megatakan, saat ini pihaknya memacu produk nasional agar dapat menembus pasar ekspor diyakini dapat menggairahkan aktivitas ekonomi Indonesia dan menambah devisa negara.

Menurut Agus, peningkatan dan perkembangan dari industri sepeda di Indonesia akan memberikan pengaruh besar bagi kegiatan sektor ekonomi.

Baca Juga : Tabrak Kerbau di Jalan, Pengendara Motor di Kaliwungu Kendal Tewas Mengenaskan

"Investasi dan ekspor adalah dua hal kunci penting untuk kemajuan ekonomi In donesia. Karena kita harapkan dengan ekonomi yang tumbuh, maka kita dapat menekan ketimpangan, kesenjangan, dan kemiskinan," jelas Agus.

Dia menambahkan, sepeda yang diekspor tersebut telah memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) dan turut diterima serta diakui dunia.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal. (Foto: kek.go.id)

Menurutnya, SNI tidak hanya sebagai persyaratan teknis untuk kesehatan, keselamatan kerja, dan lingkungan hidup (K3L), tapi juga sebagai sarana promosi dan penetrasi pasar, sebagai testimoni bahwa produk tersebut berkualitas dan berkomitmen terhadap K3L.

"Terdapat dua hal yang perlu kita highlight, yaitu aktivitas ekspor itu sendiri serta keberterimaan pasar internasional akan base requirement yang ditetapkan pada SNI. Hal ini membuktikan, bahwa produk yang telah memenuhi SNI, juga diakui sebagai kualitas standar untuk memasuki pasar global," ujar dia.

Baca Juga : Pemkab Kendal dan LPEI Terus Dorong Pelaku UMKM Tembus Pasar Global

Ditemui terpisah, Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi, dalam laporannya juga memberikan perhatian terhadap pentingnya penerapan SNI bagi produk industri.

"Kementerian Perindustrian senantiasa akan selalu mendukung upaya-upaya untuk peningkatan daya saing industri dan memajukan industri dalam negeri. Hal ini menjadi langkah yang baik bagi industri sepeda dalam negeri untuk memperluas pasar global melalui penerapan SNI," kata Doddy.

Baca Juga : Bupati Kendal Dico M Ganinduto Menghadiri Latihan Dasar Paralayang di Gubugsari Pegandon

Turut hadir dalam acara itu Bupati Kendal Dico M Ganinduto, yang menyampaikan potensi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal saat ini.

Pabrik Sepeda Elemet PT Roda Maju Bahagia Kendal
Pabrik Sepeda Elemet PT Roda Maju Bahagia Kendal. (Foto: Ist)

PT Roda Maju Bahagia adalah perusahaan yang berlokasi di Kawasan Industri Kendal (KIK) Jawa Tengah yang memiliki pabrik seluas 1,5 hektare dengan nilai investasi sebesar Rp373,75 miliar, serta mempekerjakan sekitar 250 orang dengan kapasitas produksi sepeda sebanyak 800-1.000 unit per hari.

Baca Juga : Diduga Selewengkan Dana Desa Hingga Rp 148 Juta, Kades Tambahsari Kendal Diamankan Polisi

Presiden Direktur PT Roda Maju Bahagia Hendra menyampaikan capaian perusahaannya dengan menerapkan SNI pada produknya.

"Kami telah mendapatkan sertifikat SNI untuk merek Element, Dahon, Alton, Camp, dan Foldx. Untuk itu, produk sepeda kami dengan merk Element dan Champ telah diminati oleh konsumen di Malaysia, Singapura, Thailand, India dan Korea, sedangkan merk Dahon kami ekspor ke Malaysia dan Singapura," pungkasnya.

(M Nurhadi)