Warga Desa Kalirejo Kendal Ingin Kembangkan Wisata Bahari dengan Menanam Tanaman Bakau

Warga Desa Kalirejo Kendal Ingin Kembangkan Wisata Bahari dengan Menanam Tumbuhan Bakau
Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mencoba menyusuri sungai Guyangan Dusun Kalibalik dengan kapal. (Foto: edi prayitno/kontributor Kendal)

KANGKUNG, LKT News - Di wilayah pesisir Kendal potensi alamnya layak dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Selain memiliki garis pantai yang panjang nan indah, Kendal juga memiliki potensi hutan bakau yang menarik jika dikembangkan.

Pemerintah Desa Kalirejo, Kecamatan Kangkung berencana mengembangkan desa wisata bahari dengan memanfaatkan aliran sungai menembus kawasan hutan mangrove. 

Kepala Desa Kalirejo, Teguh Sumaryanto mengatakan pihaknya bersama segenap warga punya mimpi ke depan akan lebih maju lagi.

"Kami segenap warga Kalirejo punya mimpi kedepan, Desa Kalirejo akan lebih maju dengan mengembangkan potensi desa, salah satunya pengembangan potensi desa wisata bahari yang sudah kita mulai bangun bersama," ucap Teguh Sumaryanto.

Terkait dengan pengembangan desa wisata itu, Kades Teguh mengajak Karang Taruna Kamajaya Desa Kalirejo, agar bersama-sama menanam tanaman bakau. 

Hal ini pihaknya lakukan untuk lebih memperindah tambak di sini dan melestarikan alam tanaman bakau, sehingga nantinya dapat terwujud wisata Bahari di Desa Kalirejo.

Baca Juga : Keren! Nabung Sampah di Bank Sampah Induk Kendal Dapat Emas dan Dinar, Kok Bisa? Begini Caranya

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Ketua DPRD Kendal beserta rombongan mencoba menaiki perahu boat menyusuri sungai Guyangan di Dusun Kalibalik untuk melihat potensi wisata bahari ini.

Wabup Kendal mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah desa Kalirejo dan mendukung segala upaya pembangunan yang ada di Desa Kalirejo.

"Saya sangat mengapresiasi kerja keras dari semuanya, dan apa yang menjadi mimpi masyarakat tolong harus diwujudkan, karena kami dari Pemerintah Kabupaten Kendal sangat mendukung segala pembangunan yang ada di desa, termasuk pengembangan desa wisata, yang mana itu sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kendal," ujar Wakil Bupati Kendal.

Baca Juga : Pastikan Vaksinasi Berjalan Lancar, Kapolsek Brangsong Pantau Keliling Desa

Windu Basuki berpesan, agar apa yang sudah ditanam harus dirawat dan dijaga dengan baik sehingga apa yang nantinya dicita-citakan segera dapat terwujud.

Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Muhamad Makmun yang kebetulan warga Desa Kalirejo, sangat mendukung program Pemerintah Desa yang akan melestarikan alam tanaman bakau dan mengembangkan potensi wisata di Desa Kalirejo.

"Kami sangat mendukung program baik ini, karena ini termasuk hal yang baru didestinasi wisata. Tentunya harus diiringi infrastruktur yang baik, sehingga Pemdes harus memasukkan dalam program pembangunan desa. Harapannya ini bisa menjadi destinasi wisata baru masyarakat Kendal, untuk menikmati hutan bakau sebelum mencapai bibir pantai," ujarnya.

Baca Juga : DLH sebut Baru Bisa Memproses 30 persen Sampah di Kabupaten Kendal

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Kangkung, M Jumiat menyampaikan, Karang Taruna selalu siap bersinergi dengan pemerintah dalam hal apapun, tentunya atas dasar pembinaan dan arahan dari pemerintah. Termasuk ikut serta dalam pengembangan potensi wisata desa.

(Edi Prayitno)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama