Notification

×

Iklan

Iklan

Hati-hati! Ini 5 Titik Paling Rawan Kecelakaan di Kendal, Nomor 3 Sering Memakan Korban Jiwa

12 Maret 2022 Last Updated 2022-03-12T01:44:08Z
5 Titik Paling Rawan Kecelakaan di Kendal
Kecelakaan beruntun di Jalan Pantura Brangsong, Kabupaten Kendal tepatnya di depan SPBU Brangsong, Senin (8/11/2021) siang. (Foto: Edi Prayitno)

KENDAL, LKTNews.com - Di Kabupaten Kendal memiliki beberapa lokasi rawan terjadi kecelakaan lalulintas. Mulai dari jalur cepat hingga tikungan yang acap kali menimbulkan banyak korban, utamanya di Jalan Pantura.

Berikut beberapa lokasi yang menjadi wilayah rawan terjadi kecelakaan di Kabupaten Kendal.

1. Sepanjang Jalan Pantura Ketapang

Jalan Pantura sepanjang wilayah Ketapang, Kendal masuk dalam kategori daerah rawan kecelakaan. Wilayah ini bergandengan dengan wilayah Rejosari, Brangsong yang menjadi perhatian khusus Satlantas Polres Kendal

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Ilham Safriantoro mengatakan, sepanjang jalur pantura dari Ketapang hingga Brangsong jadi salah satu wilayah perhatiannya.

Sepanjang jalan itu, kata Ilham, banyak penyeberangan jalan dan U-Turn yang sering menjadi titik terjadinya kecelakaan.

Selain itu, faktor utama yang menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah pengendara yang tidak patuh peraturan lalulintas. Terlebih lagi, pengendara kurang hati-hati saat mengemudikan kendaraannya.

"Dua titik di wilayah Ketapang sampai Rejosari, Brangsong ini jadi wilayah rawan terjadi kecelakaan. Terutama di seputaran SPBU Brangsong, pentensi kecelakaannya tinggi," terangnya.

2. Jalan Pantura depan SMKN 4 Kendal Kecamatan Brangsong

Kondisi jalan raya di depan SMKN 4 Kendal ini merupakan jalur cepat. Masing-masing terdiri dari dua lajur ke arah Kota Semarang dan dua lajur ke arah Kabupaten Batang.

Di lokasi ini, banyak terjadi kecelakaan lalu lintas, khususnya di jalur dari arah Kota Kendal menuju Kota Semarang.

Acap kali sepeda motor, mobil, dan penyeberang jalan terlibat dalam kecelakaan.

Kurangnya kehati-hatian pengendara atau pengguna jalan, menjadi penyebab utama kecelakaan terjadi di wilayah ini.

Terkadang, penyebabnya dikarenakan pengendara melaju dari arah barat ke timur, tiba-tiba putar balik tanpa memperhatikan situasi arus lalu lintas.

Di wilayah ini, kecelakaan kerap kali melibatkan lebih dari satu kendaraan hingga korban terpental.

Lantaran seringnya terjadi kecelakaan, Satlantas Polres Kendal pun memasang rambu-rambu lalulintas tanda berhati-hati agar pengendara tidak mengebut saat melintasi wilayah tersebut.

3. Jalan Pantura depan SPBU Brangsong

Lokasi rawan kecelakaan selanjutnya di Kendal adalah Jalan Pantura depan SPBU Brangsong. Hanya bergeser sedikit ke barat dari lokasi pertama.

Di tempat ini, terdapat dua jalur penyeberangan di depan pintu masuk dan pintu keluar SPBU. Dua titik itu sama-sama menjadi lokasi yang pernah menjadi saksi terjadinya kecelakaan.

Bahkan, dua titik ini sering memakan banyak korban, hingga korban jiwa. Kecelakaan seringkali melibatkan pengendara sepeda motor dengan mobil/truk yang cukup besar.

Contoh saja, kecelakaan yang terjadi baru-baru ini pada hari Rabu, 9 Maret 2022 di lokasi ini juga memakan korban jiwa.

Faktornya lagi-lagi kurangnya kehati-hatian pengendara saat melintas di jalur tersebut.

Baik pegendara yang hendak menyeberang keluar-masuk SPBU, maupun antar pengendara dari jalur yang sama.

"Memang di sini sering ada kecelakaan. Terakhir beberapa hari lalu antara sepeda motor dengan truk boks. Meninggal satu orang," terang warga Rahmat.

Baca berita lengkapnya disini: Kecelakaan Maut 2 Motor vs Truk Boks di Jalan Pantura Brangsong Kendal, 1 Orang Tewas 3 Luka Ringan

Baca juga berita lainnya tentang kecelakaan di depan SPBU Brangsong: Kecelakaan Beruntun di Jalur Pantura Brangsong Kendal Tewaskan Pensiunan Polisi, Begini Kronologinya

Baca Juga: Terjadi Lagi, Pengendara Motor Tewas Akibat Kecelakaan Tabrak Lari di Depan SPBU Brangsong Kendal

4. Jalan Raya Sumberejo Kaliwungu

AKP Ilham Safriantoro menambahkan, sepanjang jalan raya di Desa Sumberejo Kaliwungu juga menjadi wilayah rawan kecelakaan.

Katanya, wilayah ini menjadi titik bertemu antara Jalan Pantura dengan jalan kabupaten. Di mana banyak terjadi penumpukan volume kendaraan dari jenis sepeda motor, mobil, hingga truk-truk besar.

Situasi ini menjadikan potensi terjadinya kecelakaan tinggi.

"Di Sumberejo, jalan pantura bergabung dengan jalan kabupaten. Banyak kendaraan berpapasan di sana, mulai dari sepeda motor hingga truk. Sehingga rawan terjadi kecelakaan. Apabila jika pengendara kurang hati-hati dan tidak mematuhi rambu-rambu lalulintas," ujarnya.

Baca Juga: Tabrak Kerbau di Jalan, Pengendara Motor di Kaliwungu Kendal Tewas Mengenaskan

5. Tikungan menuju jembatan Kali Bodri

Lokasi rawan kecelakaan di Kendal selanjutnya adalah di Jalan Pantura Kendal arah Jakarta berlokasi di Desa Kebonharjo, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Khususnya di jalan searah yang menikung sebelum jembatan Kali Bodri.

Di lokasi ini, sering kali terjadi kecelakaan mobil terperosok ke sebelah kanan dan kiri jalan. Mulai dari mobil boks hingga truk kontainer dengan muatan.

Warga sekitar, Fatkhur mengatakan, sering terjadi kecelakaan yang dialami mobil di tanjakan sebelum jembatan Kali Bodri.

Menurutnya, kebanyakan kecelakaan disebabkan kendaraan melaju cepat di tikungan. Akibatnya, kendaraan hilang kendali, terperosok dan terguling ke sisi kanan dan kiri jalan.

"Memang di jalan ini sering kecelakaan. Terakhir terjadi Januari ini. Ada yang terguling ke kanan, ada juga yang rem blong ke kiri jalan," katanya.

Meski sering terjadi kecelakaan, dia menyebut, rata-rata kerugian berupa material saja. Kecelakaan di kawasan ini jarang menyebabkan hilangnya nyawa. 

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Ilham Safriantoro menerangkan, wilayah ini masih dilakukan pemantauan dan evaluasi bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), dan Dinas Perhubungan.

"Nah di tempat ini, kami sedang evaluasi. Anatomi atau faktor terjadinya kecelakaan yang sering terjadi akan dievaluasi," tutur dia.

Baca Juga : Kecelakaan Maut Motor vs Truk Boks di Jalan Pantura Gemuh Kendal, 1 Korban Tewas 1 Luka-luka

Itulah tadi lima titik lokasi paling rawan kecelakaan di Kabupaten Kendal. Bagi kalian yang melewati jalan-jalan yang sudah disebutkan diatas, dimohon berhati-hati.

sumber: https://bit.ly/35RYmwf