Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Kendal Lakukan Kunjungan ke Pabrik di KIK, Manager: Kami Siap Bekerja Sama

05 Januari 2022 Last Updated 2022-01-05T02:20:50Z
Bupati Kendal Lakukan Kunjungan ke Pabrik di KIK, Manager: Kami Siap Bekerja Sama
Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengunjungi PT Eclat Textile International di KIK, Selasa (4/12/2022). (Foto: edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, LKT News - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto melakukan kunjungan ke Kawasan Industri Kendal (KIK). Kegiatan kunjungan tersebut, sebagai langkah memastikan kebutuhan karyawan di perusahaan yang ada di Kawasan Industri Kendal (KIK).

Selain melihat kebutuhan karyawan dalam rangka mencari solusi permasalahan angka pengangguran, juga merumuskan sistem peningkatan sumber daya manusia yang ada.

"Kunjungan ke PT Eclat Textile International yang berada di Kawasan Industri Kendal ini mencoba untuk merumuskan sistem dalam rangka meningkatkan SDM di Kabupaten Kendal, tentunya kita upayakan untuk memperioritaskan masyarakat Kendal," jelasnya, Selasa (4/12/2022).

Dalam meningkatkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal berencana melakukan kerja sama dengan Kementerian Industri dan pihak ketiga guna melakukan pelatihan dalam peningkatan SDM.

Baca Juga: Keren! Sepeda Buatan Kendal Ini Ternyata Banyak Diminati Oleh Korea Hingga India

Sementara General Plan Manager PT Eclat Su Huang Jen mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah, khususnya dengan kebutuhan tanaga kerja.

"Kami siap bekerja sama dan secara keseluruhan perusahan membutuhkan 6500 pegawai dan itu masih kita lakukan secara bertahap," jelas Su Huang Jen.

Terkait karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan, saat ini baru mencapai 1240 karyawan yang telah aktif dan 98% tenaga kerja adalah asli dari warga Kabupaten Kendal.

Kekurangan karyawan yang mencapai 5000 lebih akan diusahakan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Investasi Capai Rp22 Triliun, Kawasan Industri Kendal Kini Memiliki 6 Target Utama

Di sisi lain, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Cicik Sulastri mengatakan, dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja, pihaknya telah memaksimalkan adanya Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemerintah maupun Swasta.

Bupati Kendal beserta rombongan berkesempatan melakukan visit produksi, Dico yang didampingi oleh Su Huang Jen sekaligus memberikan penjabaran terkait proses kinerja dan beberapa hasil produksi yang berkualitas ekspor. (Edi Prayitno)