Harlah LBI Harimau Putih ke-34, Ratusan Pesilat Unjuk Kekuatan di Ajang Gus Tommy Open Championship 2021

Harlah LBI Harimau Putih ke-34, Ratusan Pesilat Unjuk Kekuatan di Ajang Gus Tommy Open Championship 2021
Dua pesilat yang sedang bertanding di ajang Gus Tommy Open Championship 2021. (Foto: Ist)

KENDAL, LKT News - Ratusan pendekar dari Lembaga Beladiri Indonesia (LBI) Harimau Putih unjuk kekuatan di ajang Gus Tommy Open Championship 2021. Turnamen digelar untuk para pelajar se-Jateng dan DIY, dilaksanakan bertepatan dengan Hari Lahir (Harlah) LBI Harimau Putih ke 34.

Guru Besar LBI Harimau Putih, Muhammad Tommy Fadlurahman yang biasa disapa Gus Tommy mengatakan, seni beladiri pencak silat Harimau Putih yang banyak menorehkan prestasi diajang nasional dan internasional merupakan seni pencak silat asli dari Kendal. 

"Kita gelar turnamen ini mandiri dan open yang diikuti oleh pelajar se-Jateng dan DIY," ujar Gus Tommy, Minggu (19/12/2021).

Baca Juga : Nenek 70 Tahun di Cepiring Kendal Tewas dengan Tubuh Penuh Luka, Sempat Dilarikan ke RS Namun Tidak Tertolong

Pelajar yang mengikuti Turnamen Gus Tommy Cup berasal dari Semarang, Salatiga, Batang, Pekalongan, Tegal, Brebes, Cilacap dan DIY. Mereka mengikuti turnamen dalam kategori usia dini, pra remaja dan remaja dari SD, SMP dan SMA.

Gus Tommy menyampaikan, mengingat kondisi masih pandemi, turnamen yang biasanya diikuti sedikitnya 500 pesilat Harimau Putih, kini dibatasi. 

Panitia yang telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 membatasi jumlah peserta hingga 125 orang.

Baca Juga : Hadapi Era Industri 4.0, SMK NU 05 Kaliwungu Selatan Launching Kelas Industri Gamelab Indonesia

"Turnamen ini digelar dalam waktu dua hari dan tanpa penonton, kecuali official dan atlet itu sendiri," terangnya.

Anggota DPRD Kendal dari Partai Golkar ini berharap dengan turnamen yang digelar ini dapat menjadi pemantik untuk cabang olahraga pencak silat agar tetap semangat meski dalam kondisi terbatas akibat PPKM. 

"Pencak silat harus semangat dalam melakukan pembinaan untuk lahirnya bibit-bibit baru atlet berprestasi," ujarnya.

Dalam kesempatan ini dia membeberkan, pencak silat Harimau Putih asli Kendal saat ini sudah tersebar hampir separuh di daerah yang ada di Jawa Tengah. 

Selain itu, provinsi-provinsi lain juga sudah banyak yang telah mendirikan LBI Harimau Putih, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Madura, Aceh dan yang terakhir Lampung akan segera mendirikan cabang baru.

Baca Juga : Disporapar Kendal Gelar Acara Grand Final Pemilihan Sinok dan Sinang 2021

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Ircham Cholid menyampaikan, atas nama Pemkab Kendal dia mengaku sangat mendukung digelarnya kejuaraan-kejuaraan di Kabupaten Kendal. 

Baca Juga : Terbengkalai Karena Pandemi, Wana Wisata Taman Buah Sidomakmur Kaliwungu Selatan Akan Digarap Lagi Januari 2022

"Kami sangat mendukung karena di tahun 2021 setelah terkendala pandemi kita dapat kembali menggelar turnamen untuk mencetak atlit-atlit baru lagi," tukasnya.

(Reporter GATRA: Agus Riyadi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama