Terbengkalai Karena Pandemi, Wana Wisata Taman Buah Sidomakmur Kaliwungu Selatan Akan Digarap Lagi Januari 2022

Terbengkalai Karena Pandemi, Wana Wisata Taman Buah Sidomakmur Kaliwungu Selatan Akan Digarap Lagi Januari 2022
Wana Wisata Taman Buah Sidomakmur di Desa Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

KALIWUNGU SELATAN, LKT News - Terbengkalai karena pandemi, akhirnya Wana Wisata Taman Buah Sidomakmur akan digarap serius lagi diawal tahun 2022. Hal ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19.

Taman buah yang berlokasi di Desa Sidomakmur, Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah ini sudah dirintis sejak 2018 silam. Dan rencananya, lahan taman buah seluas 10 hektare itu akan digarap serius lagi awal tahun 2022 nanti.

Baca Juga : 50 Tahun Menanti, Jalan Desa Sidomakmur-Magangan Akhirnya Diperbaiki

Kepala Desa Sidomakmur, Bambang Sukaryono mengatakan, pengembangan wisata di desanya dipusatkan di kawasan Wana Wisata Taman Buah kawasan perhutani.

Impiannya yaitu memajukan wisata tersebut seperti Taman Buah Mekarsari di Bogor, Jawa Barat.

"Taman buah Sidomakmur ini dirintis pada 2018. Namun, terbengkalai karena pandemi dan rencananya akan kami seriusi lagi Januari," terangnya, Jumat (17/12/2021).

Kini, ada empat hektare lahan yang sudah mulai ditanami berbagai pohon buah. Di antaranya, rambutan, mangga, kelengkeng, jambu, sirsak, belimbing, pepaya, juga pisang.

"Awalnya, kami mengajak warga yang melangsungkan pernikahan agar bisa tanam pohon di kebun ini dan berjalan, sempat ramai." ujarnya

"Nah, kami akan seriusi lagi agar bisa berkembang untuk ekonomi masyarakat juga," imbuhnya.

Bambang mengatakan, pada Januari nanti, akan dilangsungkan pemotongan pohon-pohon jati yang sudah dikeringkan. Setelah itu, lahan sekitar 10 hektare mulai digarap lebih serius.

Mayoritas akan ditanami tanaman buah, sebagian lain akan dikonsep sebagai taman bunga, spot selfie, bumi perkemahan, wisata air, wisata religi, wisata alam, dan taman bermain.

Sementara itu, pemerintah desa setempat telah menyiapkan 10 ribu bibit pohon buah untuk ditanam serentak awal 2022.

Pihak desa bersama kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat tengah menyiapkan konsep pengembangannya agar bisa menjadi daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Kendal.

Terlebih, setelah terbangunnya jalan alternatif penghubung Kendal bawah dengan Desa Sidomakmur, Desember ini.

"Kami akan serius mengembangkan taman buah ini agar bisa menjadi jujukan masyarakat berwisata. Tidak hanya di Kendal, juga dikenal masyarakat di luar daerah seperti Taman Buah Mekarsari di Bogor," harapnya.

Baca Juga : Jajal Jalan Sidomakmur-Magangan, Bupati Kendal: Jalannya Sudah Bagus dan Lumayan Halus

Dilansir dari Tribunbanyumas, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mendukung penuh rencana pengembangan taman wisata buah yang digagas Pemdes Sidomakmur.

Dia berharap, gagasan tersebut bisa direalisasikan dengan optimal dalam rangka memajukan pariwisata di Kendal.

Sehingga, UMKM di sekitar desa bisa tumbuh, serta perekonomian masyarakat lebih meningkat.

"Terutama, buah-buah lokal yang bisa dikembangkan. Taman wisata buah ini bisa jadi besar dengan memaksimalkan akses jalan baru. Harus dikembangkan secara serius," kata Dico.

Aditya Nur Kahfi

Hi, Aku Aditya Nur Kahfi, biasa dipanggil Adit. Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Fouder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama