Notification

×

Iklan

Iklan

Sungai Kendal Meluap, 9 Kelurahan Terendam Banjir

23 Mei 2022 Last Updated 2022-05-23T07:04:29Z
Sungai Dangkal, Ratusan Rumah di Kendal Kebanjiran
Suasana banjir di perkampungan RW 5 Kelurahan Karangsari Kecamaatan Kota Kendal. (Foto: SB/Sapawi)

KENDAL, LKTNews.com - Akibat sungai Kendal meluap, ratusan rumah terendam banjir sejak Sabtu (21/5/2022) malam. Hingga Minggu (22/5/2022) air setinggi hampir 50 cm masih menggenangi rumah.

Setidaknya ada 9 kelurahan di Kabupaten Kendal yang terendam banjir. Di antaranya Kelurahan Trompo, Kebondalem, Kalibuntu, Langenharjo, Patukangan, Pekauman, Balok, Bandengan dan Karangsari.

Tidak hanya permukiman, banjir juga menggenangi sebagian ruas jalan, di antaranya di jalan Pahlawan, jalan Habiproyo dan jalan Masjid. 

Baca Juga: Modus Imbalan Flashdisk, Lansia di Ngampel Kendal Cabuli Keponakan Sendiri

Selain itu juga gang-gang jalan di permukiman juga tak luput terdampak banjir dengan ketinggian air bervariasi antara 15-50 cm, salah satunya di gang Mangga Kebondalem Kendal.

Hingga Sabtu sore air masih merendam pekarangan hingga ke dalam rumah warga, meski pun belum ada warga yang mengungsi namun banjir tetap mengganggu aktivitas warga.

Sungai Meluap, 9 Kelurahan di Kendal Terendam Banjir
Suasana rumah warga Kendal yang terendam banjir. (Foto: iNews.id)

"Banjir sudah menjadi langganan setiap kali Sungai Kendal meluap. Kondisi sungai yang dangkal menjadi penyebab utama air sungai cepat penuh dan meluber," kata Puryanto, warga terdampak banjir. 

Baca Juga: Gegara Uang Warisan, Pria di Cepiring Kendal Tega Bunuh Ibu Kandungnya Sendiri

Hal serupa juga diungkapkan Sutrisno, menurutnya sungai meluap biasanya karena kiriman dari wilayah Kendal bagian atas ketika curah hujan tinggi.

"Sedimentasi pada sungai Kendal yang tinggi juga berdampak pada volume air yang tak dapat ditampung oleh sungai, sehingga meluber ke pemukiman warga," ujarnya. 

Baca Juga: Hendak Siram Tanaman, Petani di Kaliwungu Kendal Temukan Kotak Amal di Saluran Irigasi

Warga berharap dalam waktu dekat Pemkab Kendal dapat segera melakukan pengerukan serta perbaikan sandaran sungai guna mengantisipasi banjir susulan. (Eddie Prayitno/iNewsJateng)