Notification

×

Iklan

Iklan

Kronologi Lengkap Kecelakaan Truk Box Jasa Ekspedisi vs Tronton di Jalan Tol Batang-Semarang

17 Maret 2022 Last Updated 2022-03-17T11:15:47Z
Kronologi Lengkap Kecelakaan Truk Box Jasa Ekspedisi vs Tronton di Jalan Tol Batang-Semarang
Kondisi truk box jasa ekspedisi mengalami ringsek pada bagian depan setelah mengalami kecelakaan di Jalan Tol Batang-Semarang. (Foto: Lantas Kendal) 

KENDAL, LKTNews.com - Begini kronologi lengkap kecelakaan maut antara truk box jasa ekspedisi dengan tronton di Jalan Tol Batang-Semarang KM 400 yang telah menewaskan satu korban pada Rabu (16/3/2022) siang.

Korban yang meninggal adalah kernet truk tronton Musiono (61) warga Malang, sedangkan korban luka-luka adalah sopir truk boks bernama Tison Pegar Sitanggang (32) warga Susukan, Cirebon. Untuk sopir truk tronton, Slamet dalam keadaan sehat.

Kecelakaan tragis tersebut bermula ketika truk tronton yang dikemudikan Slamet mengalami pecah ban di jalan tol KM 400 wilayah Kendal. Saat itu, truk tronton melaju dari Bogor ke Surabaya dengan membawa besi bekas. 

Baca Juga: Diduga Sopir Mengantuk, Truk Box Jasa Ekspedisi Tabrak Tronton di Jalan Tol Batang-Semarang

Truk kemudian menepi ke tepi jalan, sopir dan kernet mengecek kondisi ban dan memasang rambu-rambu lalulintas tanda hati-hati.

Sopir truk tronton, Slamet mengatakan, saat itu petugas dari Jasa Marga sudah datang dan membantu memasang safety lalu lintas di lokasi berhentinya truk. Setidkanya sampai ban yang pecah di bagian belakang bisa diganti.

Baca Juga: Kecelakaan Karambol di Jalan Pantura Cepiring Kendal, Truk Tabrak 4 Mobil Parkir

"Waktu itu petugas dari jalan tol sudah datang, tanya kenapa berhenti, apa yang bisa dibantu. Sampai bantu memasang rambu safety lalu lintas di bagian belakang mobil," terang Slamet.

Dia mengatakan, saat kejadian, dirinya berada di depan truk untuk memasang rambu hati-hati. Sementara kernetnya berjalan ke belakang sendiri melewati sebelah truk untuk melihat dan mengganti ban yang oecah.

Tiba-tiba, datang truk boks dengan kecepatan tinggi menghantam bokong truk tronton. Korban Musiono tergencet badan kedua truk dan meninggal di lokasi.

Baca Juga: Kecelakaan Maut 2 Motor vs Truk Boks di Jalan Pantura Brangsong Kendal, 1 Orang Tewas 3 Luka Ringan

"Waktu itu saya enggak lihat datangnya truk paketan. Dengar langsung suara tabrakan dari arah belakang mobil saya. Kayak enggak ada ngerem-ngeremnya, langsung nabrak saja," aku dia.

Melihat hal itu, Slamet mencoba mencari bantuan untuk menolong korban yang bisa ditolong. Dia melihat sopir truk boks dalam keadaan sadar meski terjepit kepala truk yang ringsak.

Korban Tison Pegar Sitanggang dilarikan ke RSI Kendal untuk mendapatkan pertolongan. Sedangkan bangkai truk boks dan truk tronton dievakuasi oleh petugas. 

Anggota Unit Laka Satlantas Polres Kendal, Aipda Agung Susilo Purnomo menerangkan, diduga sopir truk boks mengantuk hingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Dia juga sudah melakukan olah TKP dan melihat rekaman CCTV perjalanan truk boks yang kurang stabil. 

Baca Juga: Hati-hati! Ini 5 Titik Paling Rawan Kecelakaan di Kendal, Nomor 3 Sering Memakan Korban Jiwa

Saat ini, kasus kecelakaan masih dalam penanganan Unit Laka Satlantas Polres.

"Kami awalnya dapat info dari PJR. Saat truk tronton berhenti pecah ban, truk boks melaju di lajur kanan, dan tiba-tiba pindah lajur kiri dan menabrak truk tronton bagian belakang," jelas dia.

Diketahui, truk boks yang membawa paket barang ini melaju dari Cirebon menuju Semarang.

Sopir truk boks dilarikan ke RSI Kendal untuk mendapatkan penanganan intensif. Humas RSI Kendal, Farid Hermawan mengatakan, korban bernama Tison Pegar Sitanggang sudah mendapatkan perawatan di ruang UGD.

Katanya, kondisi korban sudah membaik dan sudah dipindahkan ke ruang perawatan.

"Kondisi pasien (korban kecelakaan) sudah tertangani dengan baik. Sadar dan sudah bisa ngobrol dengan tenaga medis yang menangani," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (17/3/2022). (Saiful Ma'sum)