1.800 Pedagang Pasar Weleri Kendal Diberi Waktu Sepekan Untuk Pindah ke Pasar Darurat

1800 Pedagang Pasar Weleri Kendal Diberi Waktu Sepekan Untuk Pindah ke Pasar Darurat
Pekerja sedang membangun pondasi lantai kios di pasar darurat Weleri yang berada di Terminal Bahurekso Kendal, Senin (27/12/2021). (Foto: Tribunjateng)

WELERI, LKT News - Dinas Perdagangan (Disdag) Kendal mempersilakan para pedagang Pasar Weleri I untuk pindah ke relokasi pasar darurat di Terminal Bahurekso mulai besok, Selasa (28/12/2021).

Sebanyak 1.800 pedagang diberikan waktu selama sepekan untuk berbenah menyiapkan kios atau los yang digunakan untuk berdagang.

Baca Juga: Puluhan Pedagang dan Keluarga Korban Kebakaran Pasar Weleri Kendal Gelar Unjuk Rasa, Begini Tuntutannya

Kepala Disdag Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, setelah satu pekan berjalan, aktivitas jual beli di Pasar Weleri yang terbakar akan ditutup mulai 3 Januari 2022.

"Semua aktivitas jual beli yang berada di sekitar bangunan pasar terbakar akan ditutup. Saya berharap semua pedagang sudah pindah ke pasar darurat pada 2 Januari, agar penutupan bangunan pasar tidak ada kendala," ujarnya, Senin (27/12/2021).

Dikatakan bahwa, 20 Desember 2021 lalu, sudah dilakukan undian kios dan los. Sejak itulah Dinas Perdagangan memberikan kesempatan bagi pedagang yang mau menyiapkan tempat masing-masing.

Baca Juga: Habiskan Dana Rp3,6 Miliar, Pasar Darurat Weleri Ambruk Diterjang Angin Saat Hujan Deras

Ferinando berharap, pedagang melakukan pindahan dengan tertib dan bertahap. Termasuk pedagang sayur, ikan, dan buah yang kini masih berjualan di sekitar bangunan pasar terbakar.

Dia memastikan semua fasilitas pedagang di pasar darurat kini sudah tercukupi. Mulai dari instalasi listrik, saluran air, toilet, dan beberapa fasilitas tambahan lainnya.

Baca Juga: Pasar Darurat Weleri Ambruk Lagi, Bupati Kendal Angkat Bicara

"Prinsipnya kami berikan kelonggaran waktu satu pekan kepada pedagang sejak 28 Desember untuk pindah. Agar nanti awal Januari, pasar relokasi mulai beroperasi," tutur Ferinando.

Sementara Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Weleri I Bangkit, Suwarno menyampaikan, saat ini sudah 10% pedagang mulai menyiapkan kios dan losnya di pasar relokasi. Pihaknya sudah memberitahu pedagang agar melakukan pindahan mulai besok.

Baca Juga: Dua Kali Ambruk, Pemkab Kendal Dinilai Tak Serius Garap Pasar Darurat Weleri

Dan dia meminta waktu kepada dinas terkait agar pedagang bisa pindahan secara bergantian. Artinya tidak dalam satu atau dua hari saja. (Ayosemarang/Edi Prayitno)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama