Notification

×

Iklan

Iklan

Lapor ke Mensos Risma, Bupati Kendal Dico: Bansos Sudah Terealisasi 99,9 Persen

25 September 2021 Last Updated 2021-12-22T05:07:16Z
Lapor ke Mensos Risma, Bupati Kendal Dico: Bansos Sudah Terealisasi 99,9 Persen
Bupati Kendal Dico M Ganinduto menerima kunjungan Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama Anggota Komisi VIII DPR RI di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (23/9/201). (Foto: Dok. Humas Kemensos)

KENDAL, LKT News - Bupati Kendal Dico Ganinduto melapor kepada Menteri Sosial (Mensos) bahwa bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) telah tersalurkan hingga 99,9 persen. 

Dia mengatakan itu dalam sambutannya saat menerima kunjungan Risma bersama Anggota Komisi VIII DPR RI di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021). 

Dico menerangkan, bahwa bansos yang diterima dari Kemensos, yaitu Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako. 

"Untuk BST terdapat penerima 42.630 KPM, dan telah disalurkan per 22 September 2021 periode Mei-Juni 31.076 keluarga penerima manfaat (KPM)," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima LKT News. 

Dico menyebutkan, penyaluran PKH tercatat 99 persen sudah terealisasikan. Dia menjabarkan, pada tahap I terdapat 41.326 KPM dan yang sudah tersalurkan sebanyak 41.325 KPM.

Tahap II terdapat 41.229 KPM dan yang sudah tersalurkan sebanyak 41.227 KPM. Untuk tahap III terdata 41.260 KPM dan yang sudah tersalurkan sebanyak 40.590 KPM.

"Tahap pertama sudah direalisasikan 99,9 persen, tahap kedua 99,9 persen dan tahap ketiga 98,9 persen," terangnya.

Baca Juga : Menteri Sosial Risma Jadi 'Juru Parkir' Anggota DPR di Kendal

Kemudian, per 22 September 2021, kata dia, terdapat 72.662 KPM yang menerima BPNT atau Kartu Sembako. Dari jumlah itu sebanyak 72.548 KPM sudah tersalurkan dan 114 belum tersalurkan.

Terakhir, terdapat kuota penerima 218 anak untuk bansos anak yatim piatu terdampak Covid-19, dengan rincian 40 anak telah diberikan bantuan, 30 anak validasi data, dan 178 sisa kuota yang akan direalisasikan.

Terkait beberapa program bantuan yang belum terealisasikan, Dico memastikan telah berkoordinasi dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Baca Juga : Diduga Terpeleset Saat Mancing, Suyono Tewas Tenggelam di Sungai Ringin Singorojo

"Kemarin kami koordinasi dengan PT Pos terkait memang ada data yang kami verifikasi dan datanya tidak sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS) yang sudah diberikan,” jelasnya.

Dico berharap, semua pihak kompak memastikan distribusi bansos, khususnya bansos dari Kemensos agar tepat sasaran.

Pada kesempatan ini, Dico juga berterima kasih kepada Risma karena yang telah menyalurkan bansos ke Kendal. Terbukti, bansos telah berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Dia melaporkan, bansos yang diberikan telah berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dan mensejahterahkan masyarakat Kendal.

"Tentunya kami berterima kasih kepada Bu Menteri terhadap perhatiannya di Kabupaten Kendal dan harapannya juga bisa memberikan semangat, khususnya bagi KPM, yang sudah mendapat bantuan agar usahanya bisa mandiri,” ungkapnya.

Baca Juga : Akhirnya, Warga Bringinsari Sukorejo Kendal Terima Sertifikat Tanah Setelah Garap Lahan Sejak 1960

Dia berharap bantuan tersebut bisa membukakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kendal lainnya.

(Inang Jalaludin Shofihara)