Evaluasi 23 Pejabat Eselon II, Bupati Kendal Dico Ganinduto: Tidak Ada Kolusi dalam Pengisian Jabatan

Bupati Kendal Dico M Ganinduto dengan tegas menyatakan tidak ada kolusi dalam pengisian jabatan eselon II.
Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

KENDAL, LKT News - Bupati Kendal Dico M Ganinduto dengan tegas menyatakan tidak ada kolusi dalam pengisian jabatan eselon II.

Bahkan Bupati Dico dengan mantap selenggarakan evaluasi objektif untuk para pejabat eselon II.

Evaluasi dan uji kompetensi yang diselenggarakan dalam rangka mutasi atau rotasi Pejabat Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal yang dilakukan oleh Panitia Seleksi Pengisian.

Ke-23 pejabat eselon tingkat II kompak mengikuti evaluasi, termasuk beberapa diantaranya yang akan segera purna tugas di tahun ini.

Namun, salah satu pejabat yang akan purna tugas yang tidak mengikuti evaluasi dikarenakan satu dan lain hal.

Uji Kompetensi bagi JPT Pratama sendiri bekerjasama dengan lembaga profesional yang berkompeten di bidang asesmen yaitu Undip Career Center (UCC) UNDIP, Semarang.

Pemilihan kelembagaan ini juga dilaksanakan agar tes kompetensi terselenggara secara objektif dan transparan, benar-benar bergantung pada kemampuan individualnya.

Bentuk uji kompetensinya sendiri adalah penilaian uji potensi dan kompetensi berbasis CAT.

Selain itu, ada juga penilaian yang ditinjau dari segi kualifikasi dan kinerjanya.

"Semua dilakukan bertujuan untuk memastikan tidak adanya transaksi atau kolusi dalam pemilihan jabatan, dan memastikan pemilihan jabatan benar-benar berdasarkan kompetensi dan posisi yang sesuai," kata Bupati Dico, Kamis (16/9/2021).

Nantinya panitia akan memilih yang benar-benar berdasarkan dari hasil nilai potensi dan kompetensi mereka, tidak ada pendekatan komunikasi atau apapun.

Baca Juga : Bupati Kendal Audiensi Bersama Pengurus dan Atlet Kick Boxing Kendal

Sementara itu, pihak panitia seleksi pengisian menjelaskan semua pejabat eselon tingkat II mengikuti seluruh kegiatan asesmen dengan baik.

"Memang kami menemukan beberapa ketidaksesuaian kompetensi dengan posisi yang dipegangnya, tetapi ada juga yang punya potensi lebih daripada yang lain tapi berada di posisi yang tidak pas," ujar salah satu panitia yang enggan disebut namanya.

Hasil evaluasi dan tes kompetensi ini akan segera berakhir, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan pejabat eselon tingkat II yang sedang dikejar bulan September 2021.

Harapannya, rotasi/mutasi jabatan yang nanti terjadi sesuai dengan kompetensi dan potensi masing-masing, sehingga tidak ada ketimpangan lagi dalam pemerintahan Kabupaten Kendal.

(Reporter: Edi Prayitno)
Aditya Nur Kahfi

Hi, Aku Aditya Nur Kahfi, biasa dipanggil Adit. Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Fouder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama