Kalirejo Menjadi Pelopor Desa Rukun Harmoni di Kendal

Acara pencanangan Desa Kalirejo sebagai pelopor Desa Rukun Harmoni
Acara pencanangan Desa Kalirejo sebagai pelopor Desa Rukun Harmoni. (Foto: detikNews)

SINGOROJO, LKT News - Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal ditetapkan menjadi pelopor Desa Rukun Harmoni oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto Bersama Staf Khusus Menteri Agama RI Wibowo Paresetyo.

Desa Kalirejo adalah desa yang dihuni kurang lebih 700 orang, desa tersebut merupakan desa yang memiliki toleransi tinggi dalam keberagaman agama. Perbedaan agama dan keyakinan di desa membuat warga sekitar lebih menghormati dan memunculkan rasa toleransi.

Baca Juga : Diduga Terpeleset Saat Mancing, Suyono Tewas Tenggelam di Sungai Ringin Singorojo

Selama puluhan tahun, warga setempat yang menganut agama Islam, Kristen, dan Hindu, terus mampu menjaga keharmonisan dan toleransi antar umat beragama.

Bupati Dico menyambut positif dengan kerukunan antar umat beragama di Desa Kalirejo tersebut. Memiliki toleransi tinggi dalam keberagaman agama. Dia berharap tidak hanya di Desa Kalirejo saja kerukunan antar umat beragama tercipta dengan baik, tetapi juga di desa-desa lain di Kabupaten Kendal.

"Alhamdulillah hari ini telah dicanangkan sebagai desa Pelopor untuk kerukunan umat beragama, tentunya ini positif dan saya harap bukan hanya di Desa kalirejo saja semoga bisa ditiru di desa-desa lain. Ditambah keharmonisan yang terbentuk ini bisa menciptakan kondusifitas," ujarnya.

Dengan memberikan dampak pada terjaganya Kondusifitas, Bupati Dico akan mengawasi dan mengawal kerukunan umat beragama terus terjaga di Kabupaten Kendal.

Sementara itu Staf Khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo mengaku sangat mengapresiasi terciptanya Desa Sadar Kerukunan di Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal. Menurutnya, inisiatif yang baik ini harus tetap terus dilakukan.

“Inisiatif baik ini harus terus dilanjutkan. Kalau sekarang kita sedang berjuang mengusir virus corona, maka mari sekarang kita justru sebarkan virus kerukunan ke seluruh pelosok desa. Kita junjung toleransi antarumat beragama, menghormati budaya lokal dan selalu memberi contoh baik atas praktik keberagaman," jelasnya.

Baca Juga : Disdikbud Kendal Tiadakan Libur Sekolah Selama Nataru, Guru Dilarang Ambil Cuti

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Hustain Ahmad yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan jika Desa Kalirejo yang berada di Kendal terbentuk menjadi Desa Pelopor adalah murni dari pergerakan warga desa.

"Desa ini bisa menjadi pelopor lantaran warganya yang memang telah aktif secara langsung dan mandiri tanpa adanya bimbingan, warga sini memang sudah menunjukan rasa hormatnya kepada warga lain yang berbeda agama," jelas Hustain Ahmad.

(GATRA: Muh Slamet)

wisnoeadhie

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama