Durian Luna Maya Laku Keras di Kaliwungu Selatan Kendal, Penjual: Sehari Untung Hingga Rp50 Juta

Durian Luna Maya Laku Keras di Kaliwungu Selatan Kendal, Penjual: Sehari Untung Hingga Rp50 Juta
Pak Suharto kang jual durian Luna Maya di perempatan Jalan Darupono, Kaliwungu-Boja. (Foto: Dok. Kompas) 

KALIWUNGU SELATAN, LKT News - Bagi para pencinta durian di Kendal dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama durian seperti durian mrica, petruk, monthong, sukun hingga kumbokarna.

Pasalnya, durian tersebut sering dijual di sepanjang Jalan Raya Kaliwungu-Boja. Terutama saat musim durian seperti sekarang ini.

Nah, baru-baru ini di Kendal ada durian baru yang diburu oleh pencinta buah durian. Coba tebak apa namanya? Yap, namanya durian 'Luna Maya'.

Selain harganya yang terjangkau, rasa durian Luna Maya juga enak. Seperti yang diakui oleh pencinta buah durian, Ibu Trisminah.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, Ibu yang tinggal di Sukorejo itu mengaku awalnya tidak percaya dengan cerita temannya yang pernah membeli durian Luna Maya.

"Karena saya penasaran, saya beli 2 biji. Harganya 1 biji Rp50.000. Rasanya memang enak. Seperti durian sukun, legit kayak ada ketannya," ujar Trisminah, Sabtu (20/11/2021).

Trisminah mengaku hampir seminggu sekali membeli dan menikmati durian Luna Maya bersama anak semata wayangnya.

Selain Trisminah, ada Angga yang seorang pencinta durian asal Kaliwungu. Dia mengaku tidak menyangka ada durian baru bernama Luna Maya yang rasanya enak.

Dia tahu ada durian Luna Maya ketika akan membeli durian mrica di Darupono, Jalan Raya Kaliwungu-Boja.

"Terus saya tertarik beli durian luna maya, karena banyak yang membeli," tutur Angga.

Menurut Angga rasa durian yang berwarna kuning ini manis dan legit. 

Durian luna maya, lanjut Angga, hampir mirip dengan durian sukun. Namun, durian sukun dagingnya lebih tebal dan ponggenya (biji) kecil, sedangkan durian luna maya ponggenya besar.

Durian Luna Maya Berasal dari Bali

Sementara itu, penjual durian Luna Maya bernama Suharto mengatakan bahwa durian ini berasal dari Bali. Namun, warga Desa Magelung Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal itu, tidak tahu kenapa dinamakan durian luna maya.

"Mungkin sama-sama berasal dari Bali," kata Suharto tersenyum.

Menurut Suharto durian Luna Maya sekarang lagi diburu pencinta durian. Selain harganya terjangkau, rasanya juga tidak mengecewakan.

Durian luna maya dia jual mulai harga Rp50.000 sampai Rp70.000 per biji, tergantung ukuran durian.

"Meskipun durian luna maya lagi laris, tapi saya tetap jualan durian monthong, kumbokarno, mrica, dan lainnya," ucap Suharto.

Suharto, yang buka lapak di perempatan Jalan Darupono, mengaku satu truk durian miliknya berisi 3.360 sampai 3.520 buah habis dalam dua hari.

Dari hasil berjualan itu, Suharto mengaku bisa memperoleh pendapatan Rp25 hingga Rp 50 juta per hari.

"Kalau hari biasa, keuntungan saya per hari bisa mencapai Rp25 juta hingga Rp35 juta dalam sehari. Jika hari Sabtu dan Minggu mencapai Rp30 juta hingga 50 juta per hari," pungkas Suharto.

Aditya Nur Kahfi

Hi, Aku Aditya Nur Kahfi, biasa dipanggil Adit. Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Fouder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama