Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Ketua Komite I DPD RI Abdul Kholik Kunjungi Diskominfo Kabupaten Kendal Secara Virtual

06 Oktober 2021 Last Updated 2021-12-22T05:02:34Z
Wakil Ketua Komite I DPD RI Abdul Kholik Kunjungi Diskominfo Kabupaten Kendal Secara Virtual
Wakil Ketua Komite I DPD RI Dr Abdul Kholik SH MSi melakukan kunjungan virtual ke Diskominfo Kabupaten Kendal. (Foto: Pemkab Kendal)

KENDAL, LKT News - Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Dr. Abdul Kholik, S.H., M.Si., melakukan kunjungan secara virtual ke Dinas Komunkasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kendal, Selasa (5/10/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka penyerapan aspirasi masyarakat dan daerah dalam pengembangan infrastruktur digital dan transformasi digital.

Dalam kunjungannya melalui daring, Abdul Kholik disambut Sekretaris Dinas Diskominfo Drs. Dwi Cahyono Suryo, M.A.P., mewakili Kepala Dinas Wiwit Andariyono, S.STP., dan Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Diskominfo Kendal Ahmad Syahrul Falah, S.Kom., M.M.

Dalam acara itu, Abdul Kholik menanyakan pengembangan insfrastruktur digital dan transpormasi digital di Kendal.

Baca Juga : Begini Strategi Bupati Dico Bikin Kabupaten Kendal Jadi PPKM Level 1

Selain itu, dia juga menanyakan perkembangan kondisi di masa pandemi Covid-19. Pertanyaan tersebut kemudian ditanggapi oleh Ahmad Syahrul Falah.

Secara teknis Syarul memaparkan kebijakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang sudah diterapkan di Kabupaten Kendal.

"Pada 2019 Kabupaten Kendal mendapatkan indeks SPBE tertinggi se-Jawa Tengah dari Kemenpan RB RI, yaitu dengan indeks 3,76, tahun 2020 tetap, tahun 2021 masih menunggu hasil dari Kemenpan RB," kata Syahrul.

Syahrul menerangkan, jaringan intranet sudah terkoneksi ke seluruh OPD Kendal dan beberapa desa dengan kapasitas bandwidth 750 Mbps.

Selain itu, Kendal memiliki layanan Command Center melalui 112 untuk mempermudah masyarakat melaporkan kejadian-kejadian terkini yang harus segera ditindaklanjuti, seperti kejadian bencana alam dan lain sebagainya.

Dia juga menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi terkait daerah blank spot dan pembuatan aplikasi yang masih menunggu persetujuan dari Kementerian.

Baca Juga : Dorong Perekonomian Warga, Pemkab Kendal Resmikan Destinasi Wisata Baru di Ringinarum dan Sukorejo

Mengenai penanganan Covid-19, Sekretaris Diskominfo menyatakan Pemerintah Kabupaten Kendal termasuk lebih awal berada di status PPKM Level 2.

Vaksinasi sudah mencapai sekitar 52 persen dari yang ditargetkan oleh pemerintah.

"Saat ini masyarakat Kendal yang sudah divaksin ada 400 ribu orang lebih, sudah 52 persen dari yang ditargetkan pemerintah yaitu 800 ribu orang. Seperti yang disampaikan Bupati Kendal, saat ini Pemkab terus melakukan percepatan vaksinasi dengan akselerasi bersama berbagai pihak dengan harapan Kendal akan menurun menjadi Level 1 sehingga perekonomian masyarakat akan pulih kembali. Selain itu, di bidang pendidikan juga sudah dilakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas kelas 50 persen dari jumlah siswa yang ada," ungkap Sekretaris Diskominfo.

Abdul Kholik menyampaikan siap mengawal aspirasi Kabupaten Kendal, salah satunya bantuan penyediaan internet di daerah blank spot dan rekomendasi pembuatan aplikasi yang belum turun di Kemenpan RB.

(Abduh Imanulhaq)