Dorong Perekonomian Warga, Pemkab Kendal Resmikan Destinasi Wisata Baru di Ringinarum dan Sukorejo

Dorong Perekonomian Warga, Pemkab Kendal Resmikan Destinasi Wisata Baru di Desa Purworejo Ringinarum
Bupati Kendal Dico M Ganinduto resmikan destinasi wisata baru kolam renang Water Life di Desa Puworejo Ringinarum Kendal. (Foto: Dok)  

KENDAL, LKT News - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal Jawa Tengah mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menciptakan beberapa destinasi wisata baru dan menarik bagi wisatawan, hal ini sebagai salah satu upaya meningkatkan ekonomi daerah. 

BUMDes milik Desa Purworejo, Kecamatan Ringinarum Kaupaten Kendal mengelola destinasi wisata baru yaitu kolam renang Water Life

Kepala Desa Purworejo Ahmad Zaini mengatakan dengan dibukanya destinasi wisata kolam renang, beberapa UMKM dilibatkan. 

BUMDes Purworejo saat ini sedang fokus pada pengembangan kolam renang, dan beberapa kios UMKM yang baru selesai dibangun.

Baca Juga : PPKM Turun ke Level 2, 8 Tempat Wisata di Kendal Ini Sudah Dibuka Kembali Loh!

Nantinya BUMDes Purworejo akan melakukan perluasan usaha dengan membangun beberapa fasilitas olahraga dan permainan anak. Untuk menikmati destinasi wisata ini pengunjung dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang.

"Memiliki destinasi wisata yang menarik, perekonomian warga desa setempat bisa meningkat. Usaha ini dapat menjadi contoh bagi desa lain, agar dapat berinovasi menciptakan destinasi wisata yang menarik," ujar Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat peresmian kolam renang Water Life yang dikelola BUMDes milik Desa Purworejo, Sabtu (2/10/2021).

"Cukup baik langkah yang diambil oleh Desa Purworejo dengan membuat destinasi wisata. Ini juga sejalan dengan visi misi pemerintah yang juga fokus pada sektor wisata tentunya, karena sektor wisata ini bisa memberikan dampak berkelanjutan. Selain bisa membuka lapangan pekerjaan, juga bisa membantu sektor UMKM," ucap Dico yang dikutip laman Kendalkab, Minggu (3/10/2021).

Lebih lanjut, Bupati Dico mengatakan, dengan destinasi wisata yang baru ini nantinya dapat dikembangkan lagi, lantaran lahan yang digunakan cukup luas, yaitu mencapai 6.000 meter persegi. Selain itu, dalam pengembangannya dapat melibatkan pemuda desa.

Selain meresmikan kolam renang Water Life di Desa Purworejo, Bupati Dico juga meresmikan kawasan Sport Tourism Bike Park bertema Downhill dengan ketinggian 1379 Mdpl dikawasan Kenjuran Kecamatan Sukorejo pada hari Minggu (3/10/2021).

Baca Juga : Akhirnya, Warga Bringinsari Sukorejo Kendal Terima Sertifikat Tanah Setelah Garap Lahan Sejak 1960

Dalam peresmiannya Bupati Dico melakukan penandatanganan pada monument tugu yang berada di awal trek Downhill, kemudian melakukan uji coba jalur dengan menggunakan sepeda gunung beserta para rombongan. 

Guna memperkenalkan kawasan wisata ini, Pemkab Kendal akan membuat event dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

Sport Tourism Bike Park yang berada di Kenjuran merupakan satu kawasan yang baru saja diresmikan dan Pemkab Kendal telah merencanakan empat wilayah lain yang masih dalam pengembangan, sehingga Pemkab Kendal menargetkan lima jalur sepeda.

Panjang jalur sepeda yang berada di Kenjuran memiliki panjang 12 km dengan trek yang bervariasi yakni selain jalan beralas tanah juga terdapat jalur bebatuan dan aspal, panorama yang disuguhkan kepada pesepeda dapat menikmati kawasan cengkeh, kebun kopi dan jambu.

(Handi Fu/Journalist/BD)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama