Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini di Desa Pucangrejo Gemuh

09 Februari 2022 Last Updated 2022-02-09T03:43:30Z
Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini di Desa Pucangrejo Gemuh
Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini di Desa Pucangrejo Gemuh. (Foto: Nurma Fitriyani)

GEMUH, LKTNews.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro (UNDIP) tengah melaksanakan KKN yang dilaksanakan selama 45 hari, yang berlokasi di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Pelaksanaan KKN ini dimulai sejak 5 Januari sampai 15 Februari 2022 yang diikuti mahasiswa UNDIP Angkatan 2018.

Maraknya Covid-19 jenis baru yang kian meningkat menjadikan mahasiswa memilih lokasi KKN di lingkungan masing-masing. Selain itu, pelaksanaan KKN tahun ini juga dilakukan secara mandiri. Kegiatan KKN kali ini mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDG’s". 

Budaya literasi anak usia dini menjadi salah satu program kerja yang ditujukan untuk anak-anak usia 3-5 tahun di RT 02/RW 05 Desa Pucangrejo. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan melihat anak-anak yang kesehariannya hanya menonton TV karena dampak Covid-19 yang tidak diperbolehkan untuk keluar rumah. 

Tidak sedikit anak yang mulai mengenal game pada gawai. Sehingga program literasi ini dimaksudkan untuk mengalihkan anak dalam menonton TV dan bermain game di gawai. Kegiatan literasi pada anak usia dini sangat diperlukan sebab anak usia 0-5 tahun adalah masa keemasan dalam proses pembentukan karakter anak. 

Anak akan lebih mudah jika belajar segala sesuatu dari yang dilihat dan didengar. Apalagi di zaman yang semakin kompetitif, seorang anak usia dini yang tidak mendapatkan pendidikan literasi dengan baik akan tertinggal jauh dengan anak-anak lainnya serta sulit memiliki kecerdasan tinggi.

Program ini dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 29 dan 30 Januari 2022 di Minggu ke-4 pelaksanaan KKN. Kegiatan dilakukan mengacu pada peningkatan literasi anak usia dini ditengah pandemi Covid-19 dengan mengadakan taman baca mandiri di rumah. Tidak lupa menerapkan protokol Kesehatan. 

Baca Juga: Cegah Limpasan Air Hujan di Perumahan Kaliwungu Selatan, Mahasiswa KKN UNDIP Buat Perencanaan Saluran Drainase

Kegiatan di mulai dari mengajak anak-anak untuk mengikuti ice breaking agar anak lebih senang dan semangat selama mengikuti kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran mengenal huruf dan angka hingga menulis. Tidak hanya itu, pembelajaran juga diselingi dengan membacakan dongeng anak-anak agar tidak merasa bosan.

Program Kerja literasi juga disambut antusias oleh masyarakat setempat terutama di lingkungan RT 02/RW 05 Desa Pucangrejo. Tik’anah salah satu orangtua merasa senang dan terbantu dengan kedatangan mahasiswa KKN. 

"Alhamdulillah sekali dengan adanya mahasiswa KKN disini dan juga dengan adanya program belajar membaca dan menulis dapat membantu kami para orangtua untuk mempersiapkan kemampuan anak untuk memasuki sekolah TK, anak juga menjadi semangat belajar tidak hanya bermain saja," ujarnya, Minggu (30/2/2022).

Program ini diharapkan dapat menjadikan anak lebih senang membaca dan menulis serta meminimalisir anak kecanduan bermain gawai.


Penulis: Nurma Fitriyani
Editor: Aditya Nur Kahfi